Rabu 26 Jun 2013 14:49 WIB

2015, Garuda Indonesia Gunakan Biofuel

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Mansyur Faqih
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garuda Indonesia menargetkan akan menggunakan bahan bakar biofuel pada 2015. Pemakaian biofuel akan dilakukan secara bertahap. 

Direktur Operasi Garuda Indonesia Novianto Herupratomo mengatakan, pada 2015 maskapai akan menggunakan biofuel sebanyak satu persen dari total penggunaan bahan bakar.

"Apabila per tahun Garuda menghabiskan satu miliar liter avtur, hitung saja satu persennya diganti dengan biofuel, sekitar 10 juta liter," kata dia di Jakarta, Rabu (26/6).

Pesawat yang ada, kata Novianto, sudah siap menggunakan biofuel tanpa perlu modifikasi terlalu besar. Penggunaannya akan diterapkan di sayap yang terpisah. Misalnya sayap kiri menggunakan avtur yang sayap kanan memakai biofuel.

Pada 2015, ujar dia, masih tahap uji coba. Bertahap dari satu persen dan terus meningkat pemakaian biofuel di tahun selanjutnya. Pemakaian ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemakaian energi ramah lingkungan dan terbarukan. Karena avtur merupakan energi fosil yang tak terbarukan.

Menurut dia, kendala yang dihadapi perusahaan yaitu harga biofuel yang masih mahal. Ini karena belum ada yang memproduksi secara massal. Penjualan masih untuk kalangan terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement