Kamis 18 Apr 2013 14:27 WIB

Pembatasan Uang Muka Belum Dirasakan Perbankan Syariah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Pembiayaan syariah
Pembiayaan syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aturan pembatasan uang muka atau financing to value (FTV) kendaraan bermotor belum dirasakan betul dampaknya oleh bank-bank syariah di dalam negeri. Pasalnya aturan Bank Indonesia (BI) tersebut baru berjalan sekitar dua minggu. "Masih terlalu dini untuk membicarakan pengaruhnya," ujar Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, Handoyo Soebali kepada ROL, Kamis (18/4).

Biasanya, kata Handoyo, bisnis pembiayaan mobil memang relatif melambat di kuartal I setiap tahun. "Kalau di perbankan, trennya memang slow down, termasuk pembiayaan mobil," ucapnya. Transaki pengiriman mobil di kuartal I pun bisa jadi karena buntut transaksi di 2012 dimana mobil belum dikirim.

Menurutnya, dengan adanya aturan minimal uang muka, nasabah mempunyai pilihan sama, apakah memilih pembiayaan di syariah atau konvensional. Pasalnya kini tidak ada perbedaan antara pembiayaan kendaraan bermotor di bank syariah maupun konvensional.

Direktur Bisnis Bank Mega Syariah, Eko Sukapti, memprediksi dampak aturan FTV baru akan dirasakan tiga bulan ke depan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bank Mega Syariah sudah menyiapkan strategi khusus. "Kami menggandeng pihak ketiga yaitu perusahaan multifinance agar pembiayaan terus bertambah," katanya.

Hingga kini Bank Mega Syariah sudah merangkul lima perusahaan multifinance untuk pembiayaan kendaraan bermotor. Pada 2012, pembiayaan joint financing Bank Mega Syariah berkontribusi 36,6 persen dari total penyaluran pinjaman Rp 6,21 triliun.

Eko optimistis aturan FTV tidak akan menggangu volume bisnis pembiayaan kendaraan bermotor. "Tidak berpengaruh signifikan," ucapnya. Apalagi saat ini Bank Mega Syariah sedang memperluas produk pembiayaan melalui pembiayaan barang elektronik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement