Senin 08 Apr 2013 23:00 WIB

DPR Sambut Baik Jika Chatib Basri Jabat Menkeu

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Djibril Muhammad
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri
Foto: Antara
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI DPR Achsanul Qosasi mengapresiasi apabila nantinya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Chatib Basri ditunjuk sebagai menteri keuangan menggantikan Agus DW Martowardojo yang terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia 2013-2018. 

Secara pribadi, Achsanul mengaku mengenal Chatib, namun belum pernah berhubungan dalam urusan keuangan negara. "Jika Chatib Basri yang diunggulkan, kami di Komisi XI juga menyambut baik," tutur Achsanul melalui pesan singkatnya kepada Republika, Senin (8/4).

 

Achsanul mengatakan pada dasarnya menteri keuangan harus fokus pada tiga hal. Antara lain menjaga fiskal, mendorong efisiensi serta daya serap anggaran serta mampu mendorong investasi. 

Achsanul menjelaskan, tiga calon menkeu yang beredar yakni Gubernur BI saat ini Darmin Nasution, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati dan Chatib memiliki kemampuan untuk itu.

Legislator dari Partai Demokrat ini menyebut dirinya mengenal baik Darmin dan Anny dari sisi individu maupun kinerja. Terlebih keduanya adalah mitra kerja Komisi XI.

Lebih lanjut, Achsanul mengatakan apabila nantinya Chatib ditunjuk sebagai menkeu, posisinya tidak boleh merangkap sebagai Kepala BKPM. "BKPM harus dilepas. Tidak bisa dirangkap," kata Achsanul menegaskan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa akhir pekan lalu mengungkapkan menteri keuangan selanjutnya harus mampu menggerakkan perekonomian.  Tidak hanya memahami fiskal, menkeu harus mampu mendorong investasi di tengah kinerja ekspor yang belum sepenuhnya pulih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement