Kamis 28 Mar 2013 12:37 WIB

Dubai Luncurkan Produk Murabahah Komoditi

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kota Dubai (ilustrasi)
Kota Dubai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Otoritas Pemerintah Dubai telah meluncurkan transaksi  Murabahah Komoditi perdana. Produk ini diberi nama Dubai Multi Commodities Centre (DMCC) Tradeflow.

Ketua Eksekutif DMCC, Ahmed Bin Sulayem, mengatakan pertumbuhan industri keuangan syariah global menuntut pemenuhan produk inovatif yang relevan bagi infrastruktur keuangan syariah.

"DMCC Tradeflow memelopori penggunaan elektronik pada transaksi kepemilikan komoditas di Dubai," ujarnya seperti dikutip CPI Financial, Kamis (28/3).

Peluncuran produk tersebut menjadi tonggak penting dalam industri keuangan syariah. Peningkatan ermintaan keuangan syariah di seluruh dunia telah menciptakan kebutuhan terhadap produk dan layanan berbasis syariah.

 

Transaksi Murabahah dengan agunan aset komoditi adalah salah satu jawaban permintaan tersebut. Murabahah Komoditi memungkinkan bank syariah mengelola likuiditas dengan menjual komoditas fisik pada keuntungan yang disepakati selama periode pembayaran ditangguhkan.

Setelah menerima kepemilikan kepada komoditas, nasabah bank dapat menjual komoditas di pasar terbuka untuk mewujudkan nilai moneter mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement