Sabtu 23 Mar 2013 06:16 WIB

Komisi Antitrust Uni Eropa Awasi Distribusi Produk Apple Inc

Rep: Friska Yolanda/ Red: Dewi Mardiani
Apple Inc. logo (illustration)
Foto: Reuters/Michael Dalder
Apple Inc. logo (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa mengawasi distribusi produk raksasa teknologi Apple Inc. Hal ini sejalan dengan beberapa keluhan informal dari operator telekomunikasi. Komplain yang sampai ke Komisi Uni Eropa adalah terkait masalah perseteruan di industri telekomunikasi dan penyedia konten seperti Apple dan Google.

Seorang juru bicara dari Uni Komisi Eropa mengungkapkan komisi telah diberitahu tentang kekhawatiran perusahaan teknologi tersebut untuk praktek distribusi iPad dan iPhone. "Namun belum ada keluhan formal," ujar juru bicara Komisi, Antoine Colombani, seperti dilansir Reuters, Jumat (22/3).

Namun, Komisi Uni Eropa terus mengawasi dan memantau perkembangan pasar. Komisi akan campur tangan apabila ada indikasi perilaku antipersaingan yang merugikan konsumen.

Juru bicara Apple, Natalie Kerris menyatakan perseroan sepenuhnya mematuhi hukum setempat, di mana pun perseroan melakukan bisnis. "Dalam kontrak,kami sepenuhnya mematuhi hukum setempat, termasuk Uni Eropa," kata dia.

Ini bukan pertama kalinya Apple berada di bawah pengawasan regulator antitrust Uni Eropa. Apple telah menjadi sasaran penyelidikan hampir tiga tahun lalu terkait bisnis iPhone miliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement