Kamis 21 Mar 2013 14:31 WIB

Pengusaha: Relokasi Pabrik Itu Alamiah

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) Suryo Bambang Sulisto
Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) Suryo Bambang Sulisto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha hanya ingin mendapatkan kenyamanan berusaha. Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto memandang relokasi pabrik sebagai suatu hasil yang wajar demi kenyamanan berusaha, lebih kompetitif, dan keamanan.

Puluhan perusahaan di Jabodetabek berniat relokasi ke Jawa Tengah karena kenaikan upah. Pengusaha, kata Suryo hanya bisa memprediksi semua kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika relokasi, termasuk peluang jika terjadi kenaikan upah yang tak terkendali di tempat tujuan relokasi.

"Kalau sekarang di Jakarta mahal, Jabar mahal, Banten mahal, dia mungkin akan pindah ke Jateng, ini terjadi secara alamiah," ujar Suryo, saat ditemui, Kamis (21/3)

Namun, menurut dia, daerah yang menjadi tujuan relokasi semestinya bisa memanfaatkan momentum pindahnya perusahaan-perusahaan dari Jabodetabek ke wilayah mereka. Pasalnya, hampir menjadi hitungan bisnisn pengusaha jika tidak nyaman di suatu tempat akan berpindah ke lokasi lain.

"Semua pakai hitungan bisnis aja. Kalau nggak tahan lagi dia akan pindah ke daerah lain, kalau tidak ya ke Vietnam (luar negeri). Kita yang rugi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement