Senin 18 Mar 2013 16:03 WIB

Lion Air Beli Pesawat Airbus Rp 194 T

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Fernan Rahadi
Pesawat Lion Air
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pesawat Lion Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Maskapai asal Indonesia PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) melakukan perjanjian pemesanan pesawat baru dengan perusahaan perakit pesawat Eropa, Airbus. Bahkan nilai kontrak keduanya ditaksir mencapai 20 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 194 triliun.

Sebagaimana dilansir sumber Reuters keduanya sepakat mengumumkan rencana ini Senin (18/3) waktu Prancis. Rencananya pula, publikasi kontrak akan dihadiri Presiden Prancis Francois Hollande.

Kontrak jual beli ini mencatat rekor seiring dengan keinginan perusahaan asal Prancis itu menggungguli pesaingnya perusahaan asal AS, Boeing. Sumber Reuters menyebutkan Lion Air bakal menjadi pembeli dengan pesan terbesar sebanyak 201 pesawat.

Sejumlah pihak menilai pemesanan ini seiring target Lion untuk ekspansif di pasar Asia Tenggara. Kawasan ini menjadi salah satu market besar seiring pertumbuhan masyarakat kelas menengah yang signifikan.

Indonesia misalnya memiliki 17 ribu pulau dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dikisaran enam persen. Bahkan negara ini memiliki pertumbuhan terbesar di sektor industri penerbangan, hingga 21 persen per tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement