Kamis 14 Mar 2013 15:16 WIB

Produksi Bandeng Indonesia Ditarget 600 Ribu Ton

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Tradisi berburu bandeng di Gresik, Jawa Timur.
Foto: Antara
Tradisi berburu bandeng di Gresik, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produksi bandeng tahun 2013 ditargetkan mencapai 600 ribu ton. Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto mengatakan pengembangan kawasan budidaya bandeng melalui demfarm (demontration farm) diharapkan mampu meningkatkan produksi bandeng nasional.

“Program demfarm ini cukup membanggakan. Dalam periode kurang dari sebulan, Kabupaten Tangerang berhasil melakukan panen udang dan bandeng,” ujar Slamat, ketika panen bandeng di lokasi tambak percontohan di desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, dalam rilis yang diterima Kamis (14/3).

Keberhasilan ini, kata dia disebabkan oleh peningkatan teknologi budidaya anjuran yang semula tradisional menjadi budidaya semi insentif. Dukungan infrastruktur dan input produksi berupa benih dan pakan, menurutnya mampu meningkatkan produktivitas dan mutu hasil produksi budidaya.

Ia menjelaskan, tambak demfarm di Kabupaten Tangerang ini merupakan bagian dari 500 hektare (ha) lokasi revitalisasi tambak bandeng tahun 2012. Ada enam kabupaten yang sedang direvitalisasi tambak bandengnya yaitu Serang, Tangerang, Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon.

Luas lahan demfarm Bandeng di Kab. Tangerang adalah 100 ha yaitu di Kecamatan Kronjo 50 ha dan Kecamatan Kemiri 50 ha. Panen Bandeng di Desa Lontar, Kecamatan Kemiri sudah dimulai pada tanggal 7 Maret  2013 melalui panen secara partial  dengan hasil produksi sebanyak 9,6 ton di tambak seluas 6 ha.

Demfarm bandeng juga akan menjadi embrio bagi pengembangan usaha budidaya bandeng khususnya di Pantura Banten dan umumnya di Pantura Jawa. Slamet menambahkan dukungan dan kerjasama yang baik dari lintas sektoral seperti perbankan dan lembaga keuangan sangat menentukan untuk suskesnya budidaya bandeng.

Ia mengatakan usaha budidaya bandeng dapat menjadi alternatif usaha yang menjanjikan. Usaha ini juga secara nyata mampu meningkatkan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja yang signifikan.

Ia berharap panen bandeng ini kembali menumbuhkan minat dan respon masyarakat untuk kembali terjun berbudidaya bandeng. Pada 2012, produksi bandeng nasional pada sebesar 522.100 ton atau sekitar 103,71 persen dari target 513.400 ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement