Senin 25 Feb 2013 22:42 WIB

Hatta: Perpres Bulog Segera Terbit

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hazliansyah
Hatta Rajasa
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Bulog segera memeroleh tugas tambahan untuk melakukan stabilisasi harga kedelai. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan, Peraturan Presiden terkait tambahan tugas bagi Bulog akan disampaikan ke Sekretariat Negara. 

"Hari ini kita kirimkan Perpres-nya," tutur Hatta kepada wartawan seusai memimpin rapat koordinasi kebijakan stabilisasi harga pangan (daging dan kedelai) di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (25/2). 

Menurut Hatta, dalam menjalankan tugasnya, Bulog akan membeli kedelai sesuai harga yang ditetapkan oleh Menteri Perdagangan. Penetapan harga dinilai untuk melindungi kepentingan petani. 

Selain itu, penetapan harga dinilai dapat melindungi kepentingan perajin tahu dan tempe tatkala terjadi gejolak harga. Selain itu, dalam menunjang fungsinya, Bulog juga akan diberikan kewenangan mengimpor kedelai. 

"Nanti Menteri Perdagangan yang akan melakukan pengaturan-pengaturan tersebut," kata Hatta.

Secara khusus, Hatta mengharapkan adanya peningkatan produksi kedelai dalam negeri dengan adanya penetapan harga.  Terlebih, pada 2012 silam, produksi kedelai lebih rendah dibandingkan 2011. 

Sebagai catatan, produksi kedelai berdasarkan data Badan Pusat Statistik mencapai 783.160 ton. Angka tersebut meleset dari target produksi 1,9 juta ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement