Ahad 24 Feb 2013 22:38 WIB

Laba di Bawah Prediksi, Saham VW Anjlok

Rep: Friska Yolandha/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Logo VW
Logo VW

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Pabrikan mobil Jerman Volkswagen membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 41 persen sepanjang 2012. Rasio ini lebih rendah dari perkiraan analis lantaran perusahaan lebih berhati-hati dalam memutuskan target tahun ini.

Laba perusahaan tumbuh dari 15,4 miliar euro menjadi 21,7 euro. Nilai ini sedikit dibawah perkiraan survei analis dari Factset, 22 miliar euro.

Pendapatan perseroan naik 21 persen menajdi 192 miliar euro. Jumlah kendaraan yang dikirimkan ke seluruh dunia naik 12,2 persen. Hasil itu  terutama didorong oleh permintaan di Amerika Utara dan Asia. Sementara di Eropa, permintaan mengalami penurunan.

Perusahaan optimistis target tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Mengingat ketidakpastian ekonomi masih berlangsung, perseroan tidak menargetkan pertumbuhan terlalu tinggi.

"Kami tidak sepenuhnya kebal terhadap persaingan ketat," tulis pernyataan Volkswagen seperti dilansir laman AP, Ahad (24/2).

Saham Volkswagen jatuh tajam 6,3 persen menjadi 165 euro di penutupan perdagangan bursa saham Frankfurt. Situasi itu terjadi segera setelah perseroan melaporkan perolehan laba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement