Rabu 20 Feb 2013 12:32 WIB

Ahlibank Luncurkan Pendanaan Syariah Perdana di Oman

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Ahlibank
Foto: qatar.co
Ahlibank

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT --  Ahlibank berencana meluncurkan pendanaan syariah untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (Mena). Jika terealisasi, maka ini akan menjadi pendanaan syariah pertama yang diluncurkan institusi perbankan di Oman.

Saat ini Ahlibank sedang menunggu persetujuan dari Bank Sentral Oman dan otoritas pasar modal. "Kami berencana menggunakan fasilitas lembaga kelompok kami untuk meningkatkan dana dari Oman dan negara-negara Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) lainnya," kata CEO Ahlibank, Abdulaziz Al Balushi, seperti dikutip dari Times of Oman, Rabu (20/2).

Dana tersebut nantinya akan diinvestasikan terutama di Oman dan sebagian kawasan Teluk.  Al Balushi mengatakan pihaknya sudah berdiskusi dengan otoritas pasar modal.

"Mereka memberi daftar syariah-compliant perusahaan untuk investasi," ucapnya. Namun dia menolak membocorkan berapa besarnya dana yang akan diinvestasikan.

Pertumbuhan Ahlibank mencapai 15 hingga 20 persen pada 2012 lalu. Bank asal Oman tersebut berhasil membukukan laba bersih hingga 21,7 juta riyal Oman pada 2012. "Yang penting bagi kami adalah kualitas aset.  Kami melihat kualitas aset bukan dalam bisnis neraca," ujarnya.

Total pembiayaan yang disalurkan sepanjang 2012 lalu juga meningkat 21 persen menjadi 927 juta riyal Oman. Pada tahun lalu, Ahlibank juga mencatat pembiayaan keseluruhan seimbang antara segmen korporasi dan ritel.

"Pertumbuhan perbankan ritel sangat lambat karena pembatasan yang diberlakukan oleh regulator perbankan," katanya. Sementara di sisi lain, semua bank sedang mendorong pertumbuhan di segmen korporasi. Dia mengharapkan sektor korporasi untuk terus tumbuh lebih cepat dari segmen ritel.

Al Balushi menyebut bank syariah akan memberikan persaingan sengit tahun ini karena kelebihan modal. Namun, kata dia, Ahlibank berada di posisi baik dalam bisnis perbankan syariah.

"Kami adalah satu-satunya bank yang memiliki lima kantor cabang perbankan syariah," ujarnya. Selain melayani kebutuhan sektor korporasi, Ahlibank mempunyai enam produk perbankan syariah untuk nasabah ritel.

Dalam waktu dekat, Ahlibank berencana  membuka kantor cabang syariah keenam di Salalah. Ini dilakukan untuk memperkuat pendanaan kepada sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement