Rabu 30 Jan 2013 10:53 WIB

Merpati Siapkan 20 Pesawat untuk Pos Indonesia

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Salah satu tipe pesawat Merpati.
Foto: jakpress.com
Salah satu tipe pesawat Merpati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Merpati Nusantara Airlines siap menggelontorkan dana sebesar Rp 480 miliar dalam rangka kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Kerja sama dilakukan terkait pengangkutan logistik.

Presiden Direktur Merpati Rudy Setyopurnomo mengungkapkan perseroan akan menyediakan pesawat untuk mengangkut logistik milik PT Pos. "Untuk tahap awal kami menyediakan 20 pesawat jenis cessna caravan," ujar Rudy saat ditemui wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (30/1).

Pesawat cessna caravan mampu membawa beban seberat satu ton dalam satu kali penerbangan. Dalam satu hari pesawat tersebut melakukan penerbangan sebanyak 6-8 jam penerbangan. Investasi yang dibutuhkan untuk satu pesawat mencapai 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 24 miliar.

Menurut Rudy, pesawat pertama diharapkan tiba April 2013. Kota pertama yang akan dijajaki oleh pesawat adalah melayani pengangkutan di wilayah Makassar. Selanjutnya perseroan juga akan melayani pengangkutan PT Pos di daerah Batam, Medan, dan Batam.

Rudy mengaku perseroan belum melakukan penghitungan keuntungan bagi Merpati. Namun keuntungan kerja sama ini akan dilakukan dengan cara bagi hasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement