Rabu 05 Dec 2012 21:59 WIB

Tambah Kapal, Pertamina Investasikan 52,8 Juta Dolar

Kapal tanker di perairan internasional. Ilustrasi
Foto: .
Kapal tanker di perairan internasional. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) kembali menambah kapal Aframax pengangkut minyak mentah berkapasitas 85 ribu long ton deadweight (LTDW) bernama Gamkonora. Kapal ini diharapkan dapat memperkuat armada transportasi minyak mentah dalam negeri.

Kapal Gamkonora yang dibangun oleh perusahaan Cina Newtimes Shipbuilding sejak 2010 ini merupakan kapal milik Pertamina yang ke-49 dari total 185 kapal yang dioperasikan. "Untuk membangun kapal ini, Pertamina mengeluarkan dana sekitar 52,8 juta dolar AS," ujar Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan Pertamina, Ali Mudakir dalam siaran pers, Rabu (5/12).

Kapal ini direncanakan meninggalkan area galangan pada tanggal 8 Desember 2012 dan akan mulai beroperasi pada akhir Desember 2012. Kapal ini akan mengangkut minyak mentah dari dan ke pelabuhan unit pengolahan Pertamina. 

Penambahan kapal ini diyakini akan meningkatkan efisiensi biaya transportasi minyak. Sehingga dapat memberikan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan. Efisiensi ini pada akhirnya juga akan membuat harga jual minyak Pertamina semakin bersaing. "Total biaya transportasi menjadi pertaruhan Pertamina dalam persaingan global bisnis hilir Migas," tuturnya. 

 

Hingga akhir 2015, Pertamina direncanakan akan memiliki 61 kapal yang berstatus milik sendiri. Sebanyak 29 kapal atau 47 persen merupakan kapal yang diproduksi oleh galangan kapal nasional. Sebanyak 21 unit di antaranya telah beroperasi dan delapan unit masih dalam tahap konstruksi. "Pertamina berkomitmen untuk mengedepankan kerja sama dengan mitra nasional untuk membangun kapal yang dibutuhkan perusahaan," katanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement