Senin 12 Nov 2012 19:58 WIB

Indonesia Dinilai Perlu Sensus UKM

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).
Foto: Antara
Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kadin menilai perlu dilakukan sensus usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Wakil ketua umum kadin bidang UKM Budyarto Linggowiyono mengatakan data jumlah UKM di Indonesia tak pernah seragam antar kementrian.

UKM yang dinaungi oleh beberapa kementrian ini, kerap kali berbeda dalam jumlah. Ia mengatakan Indonesia penting melakukan sensus agar bisa mengambil langkah untuk semakin memperbanyak UKM.

"Jadi kita harus punya data yang valid, harus jelas agar ada maping jenis industri dan katagorinya," ujar Budyarto, saat dihubungi, Senin (12/11).

Data UKM di Indonesia selama ini diperoleh dari dinas UKM di daerah. Padahal, menurut dia dinasi itu belum bisa menyentuh semua lapusan masyarakat.

Berdasarkan data bank dunia, jumlah wirausaha di Indonesia masih rendah. Bank dunia pada 2008 merilis jumlah wirausaha di Indonesia baru 1,5 persen. Cukup tertinggal dibandingkan Malaysia, Thailand dan Singapura. Wirausaha di Malaysia sudah mencapai 4 persen, Thailand 4,1 persen, dan Singapura 7,2 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement