Kamis 18 Oct 2012 16:12 WIB

Garuda Gandeng Etihad Perluas Rute Internasional

Rep: sefti oktarianisa/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Garuda Indonesia
Foto: wichdan hidayat
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Garuda Indonesia dan Etihad Airways, maskapai penerbangan dari Uni Emirat Arab secara resmi mengumumkan kerjasama codeshare agreement antar kedua maskapai. Kedua maskapai akan bekerja sama untuk mengembangkan rute penerbangan yang dimiliki di luar negeri.

"Melalui kerjasama codeshare ini, Garuda Indonesia akan menjadi partner bagi Etihad Airways untuk pengembangan destinasi mereka di wilayah timur (eastern outbounds)," kata Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar, Kamis (18/10). Etihad Airways juga akan mendukung pengembangan network Garuda Indonesia di wilayah Barat (western outbounds) yaitu sektor beyond Abu Dhabi.

 

Ia pun menuturkan kerjasama komersial ini merupakan bagian dari pelaksanaan program pengembangan jaringan penerbangan Garuda yang tertuang dalam Quantum Leap 2011 – 2015. "Sekaligus upaya Garuda untuk terus menerus meningkatkan layanannya kepada para pengguna jasa," ujarnya.

Melalui kerjasama ini, para penumpang Garuda akan terhubung dengan penerbangan ke lebih 80 kota di 50 negara di dunia yang dilayani oleh Etihad Airways. Seperti di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah dan Afrika.

Sejalan dengan kemitraan ini mulai Desember 2012, Garuda  juga akan merubah rute penerbangan Jakarta – Dubai – Amsterdam menjadi rute penerbangan Jakarta – Abu Dhabi – Amsterdam. Rute Jakarta – Abu Dhabi – Amsterdam dilayani empat kali seminggu dengan pesawat Airbus A330-200 dengan kapasitas 222 penumpang.

Sementara itu, President & CEO Etihad Airways, James Hogan mengatakan kerjasama codeshare dengan Garuda merupakan strategi pengembangan jaringan Etihad. Partnership dengan Garuda akan memberikan kontrisbusi positif atas pencapaian dari perluasan jaringan dan perluasan brand di Asia Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement