Sabtu 29 Sep 2012 17:20 WIB

Permintaan Tinggi, Harga Emas Terus Naik

Seorang pedagang menunjukkan emas batangan.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Seorang pedagang menunjukkan emas batangan.

REPUBLIKA.CO.ID,PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memproyeksikan masih tingginya tingkat permintaan emas atau logam mulia sebagai aset "safe haven" akan membuat harga kooditas itu terus meningkat cukup baik ke depannya.

"Sangat sulit memperkirakan tingkat harga emas di masa depan. Namun diperkirakan dengan tingkat permintaan yang masih cukup tinggi sebagai `safe haven`, karena gejolak pasar finansial global, maka tingkat harga emas masih cukup baik," kata Sekretaris Perusahaan PT Antam, Tedy Badrujaman di Jakarta, Sabtu.

Tercatat harga emas di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk ditetapkan Rp 590.200 atau meningkat 1,03 persen dari sebelumnya senilai Rp 584.200 per gram. Sedangkan, harga emas batangan ukuran lima gram dan 10 gram masing-masing senilai Rp 2,801 juta dan Rp 5,562 juta.

Tedy mengemukakan, emas merupakan salah satu bentuk aset alternatif investasi bagi investor yang cukup diminati selain di properti dan saham. "Emas dipilih sebagai salah satu bentuk investasi karena nilainya cenderung stabil," kata dia.

Ia menambahkan, emas juga merupakan alat yang dapat digunakan untuk menangkal inflasi yang kerap terjadi setiap tahunnya di dalam negeri. "Namun, `gain` akan lebih optimal jika emas dijadikan investasi jangka panjang," ujar dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement