Kamis 13 Sep 2012 08:54 WIB

Dalam Berbisnis Wanita Ikuti Logika dan Hati

Wirausahawan (Ilustrasi)
Foto: Inspiremymagazine.com
Wirausahawan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit wanita yang ingin membuka usaha sendiri ketimbang bekerja di kantoran atau hanya menjadi ibu rumah tangga. Sayangnya, banyak kendala yang menghalangi saat wanita berusaha. Namun, Pakar Pemasaran, Hermawan Kartajaya menilai kendala wanita dalam usaha adalah permasalahan dalam diri mereka sendiri.

"Wanita sebetulnya sudah tahu apa yang dinginkan karena cara berpikir mereka yang meliputi logika, hati dan semangat," katanya saat acara penghargaan Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women (EWW) 2012 di Jakarta, Rabu (12/9).

Namun, dikatakan Hermawan, keinginan berbisnis tanpa adanya pemasaran yang baik tidak akan menghasilkan hasil yang memuaskan. "Kewirausahaan adalah hasratnya, tetapi hasrat saja tidak akan cukup jika tidak didukung oleh pemasaran sebagai strateginya," terang dia.

Hermawan menjelaskan pelaku usaha, terutama wanita harus mandiri. "Jangan mengharapkan terlalu banyak, terutama dari pemerintah. Kita jalani saja kewajiban seperti membayar pajak serta berdayakan potensi kita untuk memajukan usaha," tukas dia mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement