Rabu 05 Sep 2012 12:04 WIB

Terlilit Utang Kartu Kredit, Bagaimana Solusinya?

Kartu kredit, ilustrasi
Foto: loktavia.blogspot.com
Kartu kredit, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Segala kemudahan yang ditawarkan kartu kredit mendadak bisa menjadi tak berarti ketika masalah kesulitan membayar tagihan muncul. Hal itu akan menjadi masalah yang benar-benar merepotkan dan menguras pikiran. 

Memang, kasus kesulitan membayar tagihan kartu kredit sudah jamak terjadi. Ceritanya pun hampir serupa. Nasabah cenderung dibuat terpojok dan bahkan ditekan secara mental. Meski begitu, Anda tak perlu bertambah gusar. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba mengatasinya dengan baik. 

Jika itu tidak Anda lakukan, sederet konsekuensi harus Anda hadapi. Entah itu kesulitan mendapatkan kredit mobil, kehilangan hak menggunakan kartu kredit selama satu tahun, atau terpaksa menggadaikan sejumlah barang untuk membayar pengeluaran Anda. Nah, karenanya ikutilah tips berikut:

- Niat untuk melunasi seluruh tagihan kartu kredit sesungguhnya bisa terlaksana. Asal, Anda mampu membayar lebih dari jumlah tagihan minimum per bulan. Tak hanya itu, Anda pun harus membayarnya tepat waktu. Jika tidak, Anda terpaksa membayar denda yang otomatis akan menambah jumlah tagihan bulan selanjutnya. Jumlah tagihan bulan-bulan berikutnya akan bertambah besar jika Anda selalu terlambat membayarnya.

- Carilah alat bantu, sebuah sistem finansial terkomputerisasi yang dapat menghitung secara tepat jumlah utang Anda pada bank. Sistem ini akan membantu Anda menyusun jadwal kapan harus membayar utang

- Negosiasikan masalah Anda dengan bank penerbit kartu. Pihak kreditor pasti mau bernegosiasi sebab mereka tidak ingin debitornya ngemplang dan tidak membayar uang sepeserpun. Ketika bernegosiasi ada dua opsi yang bisa Anda tawarkan kepada pihak bank.

Pertama, cobalah meraih simpati dengan menceritakan sejujurnya masalah finansial yang sedang Anda hadapi. Mintalah keringanan bunga kartu kredit sehingga Anda mampu membayarnya. Ceritakan apa yang dapat Anda berikan kepada bank jika syarat itu dipenuhi.

Kalau itu tidak berhasil, coba skenario kedua: buat kartu kredit baru. Biasanya, perusahaan kartu kredit akan membantu membayar tagihan kartu kredit lama Anda sebesar 9 persen per bulan. Tanyakan penawaran terbaik apa yang ada pada perusahaan kartu kredit yang lama untuk menyelesaikan masalah tunggakan pembayarannya. Pilihlah mana yang termudah untuk Anda.

- Jika pendapatan Anda benar-benar terbatas, tulislah surat pernyataan kepada seluruh kreditor tentang situasi keuangan Anda saat ini. Beritahu mereka kapan Anda akan melunasi tagihannya. Keterbukaan dan kesungguhan Anda dalam menyelesaikan kewajiban akan membuat para kreditor menghargai niat baik Anda. Perlihatkan komitmen Anda dengan membayar tagihan sesuai janji. Dengan begitu, Anda tak perlu berkelit dari masalah.

- Terakhir, tetap tenang. Memang, kreditor ada juga yang nakal. Kadang mereka menggunakan cara-cara preman dalam menyelesaikan masalah. Jangan buat diri Anda terintimidasi. Dengan pikiran yang jernih Anda bisa menyelesaikan segala persoalan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement