Senin 03 Sep 2012 22:07 WIB

KAI Inginkan Subsidi untuk Angkut Motor Pemudik

Pemudik motor
Foto: ant
Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia menginginkan moda angkutan kereta api mendapatkan subsidi untuk mengangkut kendaraan sepeda motor pada arus mudik dan balik Lebaran. Hal tersebut guna mengurangi jumlah pemudik motor saat Lebaran.

"Subsidi itu akan digunakan untuk mengurangi biaya pengangkutan sepeda motor saat mudik," kata Dirut KAI, Ignasius Jonan, di Jakarta, Senin.

Pada saat ini, masih belum banyak pemudik yang menggunakan jasa pengangkutan sepeda motor melalui kereta. Itu karena tarifnya dinilai mahal.

Ia memaparkan biaya yang harus dikeluarkan pemudik agar motornya dapat terangkut ke kampung halaman saat mudik mencapai Rp 280 ribu/unit sepeda motor. Dengan adanya subsidi, lanjutnya, tarif itu diharapkan akan bisa diturunkan sehingga akan semakin banyak warga yang mau menggunakan jasa pengangkutan motor melalui kereta.

Jonan mengatakan pihaknya dapat mengoperasikan kereta barang yang secara total dapat digunakan untuk mengangkut sepeda motor hingga mencapai sebanyak 300 ribu unit per pekan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement