Kamis 09 Aug 2012 10:03 WIB

Ogah Terlilit Utang Usai Lebaran? Inilah Alokasi THR yang Pas (1)

Rep: reiny dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Terima THR/ilustrasi
Foto: Antara
Terima THR/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perencana keuangan Mike Rini Sutikno memaparkan ada sejumlah pengeluaran yang dapat didanai dari THR. Berikut beberapa di antaranya:

1. Zakat

Ketika mendapatkan THR, ambil segera dananya untuk menunaikan kewajiban membayar zakat. Pengeluaran ini harus mendapat prioritas untuk dibayarkan. Konsultasikan dengan Badan Amil Zakat mengenai perhitungan akuratnya. Sementara itu, infak dan sedekah memang tidak wajib, namun sangat dianjurkan. Jangan lupa untuk mengapresiasi awak rumah tangga, baby sitter, dan supir pribadi. Besarannya dapat dikalkulasikan secara proporsional sesuai dengan masa kerjanya. Cantumkan pula nama-nama saudara yang berhak menerima cipratan THR. Di daftar yang sama, tulis juga nominal hadiah lebaran yang akan diberikan. Bagan ini akan membantu Anda dalam menyiapkan dananya.

2. Makanan dan minuman

Sudahkah Anda menyiapkan hidangan hari raya? Sanak saudara dan tetangga mungkin saja datang bersilaturahim. Dari THR, ambil sebagian dananya untuk menjamu tamu. Jumlah yang bertamu dapat diperkirakan dengan menanyakan langsung rencana kunjungan saudara dan kerabat saat lebaran.

Siapkanlah makanan yang tahan hingga dua hari. Berhubung hari raya, ibu-ibu biasanya juga menginginkan ‘libur memasak’ untuk sementara waktu. Siapkan juga dua atau tiga jenis kue sebagai suguhan. "Tak perlu memaksakan diri menyediakan makanan yang terlalu mewah karena esensi berlebaran ialah menjalin silahturahmi dengan saling mengunjungi," ungkap Mike.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menyediakan banyak makanan untuk halalbihalal keluarga besar, minta bantuan kerabat yang datang untuk membawa hidangan untuk disantap bersama-sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement