Jumat 03 Aug 2012 12:58 WIB

Menara Indosat Selesai Diakuisisi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Indosat
Indosat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) telah menyelesaikan akuisisi 2.500 menara milik PT Indosat Tbk (ISAT). Dana akuisisi yang dikucurkan emiten telekomunikasi itu mencapai 406 juta dolar AS (belum termasuk penyesuaian harga).

Chief Executive Officer TBIG, Hardi Wijaya Liong, memaparkan pembayaran dilakukan dalam bentuk kas dan 239,826 juta lembar saham TBIG yang baru diterbitkan. Saham baru tersebut mewakili lima persen kepemilikan dari modal TBIG setelah penerbitan saham baru.

Pembayaran dalam bentuk kas dibiayai perseroan melalui pembiayaan internal dan pinjaman bank. Sebagian dana internal yang digunakan berasal dari saldo kas perusahaan Juni 2012 yang mencapai Rp 3,6 triliun. Sebagai tambahan pembayaran awal, terdapat potensi tambahan earn out sampai dengan maksimum 113 juta dolar AS. "Jangka waktu pembayarannya 10 tahun," kata Hardi di Jakarta, Jumat (3/8).

Akuisisi ini, kata Hardi, akan segera meningkatkan pendapatan dan EBITDA untuk TBIG serta memberikan manfaat dari segi skala ekonomi bagi Indosat. Perusahaan berharap kerjasama ini akan berlangsung dalam jangka panjang. TBIG akan terus melakukan akuisisi portofolio menara yang berkualitas tinggi, seperti menara Indosat. Ini merupakan pelengkap bagi strategi perusahaan tumbuh secara organik.

Sepanjang triwulan II 2012, TBIG berhasil menambah 904 penyewaan melalui pertumbuhan organik. Hingga 30 Juni 2012, TBIG memiliki dan mengoperasikan 5.416 sites menara dengan 8.584 penyewaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement