Senin 16 Jul 2012 14:44 WIB

Mobil Listrik Lebih Murah Ketimbang Mobil BBM?

Rancangan Mobil Listrik (ilustrasi)
Foto: mobilistrik.blogspot
Rancangan Mobil Listrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Biaya konsumsi listrik untuk mobil listrik ternyata lebih murah bila dibanding dengan biaya mobil berbahan bakar minyak. Perbandingan itu diungkapkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan di Jakarta. Senin (16/7).

"Pakai mobil listrik ini, untuk beli listriknya cukup Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per bulan. Mobil BBM, butuh bensin Rp300 ribu hingga Rp400 ribu," kata Dahlan usai melakukan uji coba mobil listrik buatan Dasep Ahmadi dari Depok ke Jakarta.

Dahlan mengakui bahan bakar minyak semakin lama akan habis dan harganya semakin mahal. Ia juga enggan memberikan subsidi BBM hingga ratusan triliun rupiah.

Menurut Dahlan, ia akan terlebih dahulu fokus pada mutu mobil listrik sebelum diproduksi massal dibandingkan dengan memikirkan harga mobil itu sendiri. Setelah mutu mobil listrik ditingkatkan, maka produksi massal dapat digalakkan.

"Karena saya fokus mengenai mutu, dua mutu, tiga mutu, empat mutu, dan lima mutu. Mudah-mudahan, Agustus nanti mutu ini tidak lagi menyita perhatian. Baru kita bicarakan harga," ungkapnya.

Dahlan menilai dalam setahun, mobil listrik garapan Dasep Ahmadi ini dapat diproduksi sebanyak 5.000 unit. Sedangkan mobil garapan Dafi akan diproduksi 5.000 unit dan mobil listrik karya PT Pindad Persero diperkirakan akan diproduksi sebanyak 10.000 unit.

Dahlan juga akan meminta PT Pertamina Persero menyediakan alat pengisian baterai di sejumlah SBPU. Alat pengisian baterai mobil listrik ini juga nantinya terdapat di tempat parkir perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga cabang-cabang PLN.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement