Sabtu 05 May 2012 18:26 WIB

Asosiasi Pengusaha e-Commerce Terbentuk

Rep: Indah Wulandari/ Red: Chairul Akhmad
Bisnis online (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Bisnis online (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seiring dengan 'boomingnya' aktivitas jual beli online di Indonesia, yang terlihat dari ramainya pelaku industri di bidang e-commerce, terbentuklah organisasi Indonesia E-Commerce Association (IDEA).

Dalam organisasi ini tergabung sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce. “Tujuan dari terbentuknya asosiasi ini terutama untuk melakukan edukasi seluas-luasnya dengan misi dan visi yang sama di antara pelaku industri e-commerce di Indonesia, sehingga semua bisa berjalan dengan baik dan benar,” terang Wakil Ketua IDEA, Arnold Sebastian Egg, dalam rilisnya, Sabtu (5/5).

Pendiri situs jual beli terbesar Tokobagus.com ini menerangkan, visi IDEA secara umum adalah untuk menciptakan industri yang sehat, serta menjadi jembatan dan menjalin hubungan yang baik antar pemain dalam industri dengan para mitra industri secara berkesinambungan.

Termasuk di antaranya dengan pemerintahan dalam hal regulasi yang berkaitan dengan kepentingan industri. Maupun dengan asosiasi lain yang secara langsung menjadi elemen penting dalam pengembangan ekosistem industri e-Commerce.  

"IDEA pun ingin memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas e-commerce yang dijalankan melalui platform setiap anggotanya," papar Arnold. 

Saat ini, anggota IDEA masih terdiri dari Tokobagus.com, Multiply, Tokopedia.com, Blibli.com, DealGoing.com, Gramedia.com, Kaskus.us, Plasa.com, Berniaga.com dan Bhineka.com. Kelak seiring dengan berbagai program yang akan berjalan, diharapkan keberadaan perusahaan sejenis yang ada di Indonesia bisa bergabung di dalam asosiasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement