Senin 23 Apr 2012 15:35 WIB

Morgan Stanley Dipastikan Melantai di BEI

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Morgan Stanley
Foto: US Federal Reserve
Morgan Stanley

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan Morgan Stanley menggantikan Tiga Pilar Sekuritas menjadi anggota di bursa. "Surat persetujuan anggota bursa (SPAB) Morgan Stanley dikeluarkan hari ini," kata Direktur Pengawasan dan Kepatuhan Anggota Bursa BEI Uriep Budhiprasetyo dijumpai di kantor BEI, Senin (23/4).

Setelah mendapatkan surat persetujuan tersebut, kata Uriep, maka emiten yang berkantor pusat di Amerika Serikat itu akan melakukan pelaporan ke PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Tahap pengurusan di KPEI dan KSEI akan menentukan kapan Morgan Stanley dapat melakukan transaksi.

Hal itu tentunya bergantung berapa lama Morgan Stanley mengurusinya. Setelah itu, transaksi di pasar modalnya akan diaktifkan.

Seperti diinformasikan, Morgan Stanley mengalahkan Goldman Sachs dalam persaingan akuisisi Tiga Pilar Sekuritas. Goldman Sachs sebelumnya bahkan sudah melewati uji kelaikan, uji struktural kesepakatan, dan uji penilaian bagi perusahaan sekuritas yang berbasis di Jakarta. Namun, pembicaraan sempat tersendat dan tak ada tindak lanjut sehingga Tiga Pilar Sekuritas beralih ke Morgan Stanley.

Masuknya Morgan Stanley ke BEI dipastikan memperketat persaingan asing di pasar modal Indonesia. Khususnya menantang Credit Suisse dan Detuche Bank yang telah bercokol di Indonesia sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement