Senin 23 Apr 2012 14:49 WIB

Jepang Makin Ekspansif Investasi Otomotif

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Hafidz Muftisany
Kepala BKPM Gita Wiryawan
Foto: Antara
Kepala BKPM Gita Wiryawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi Jepang di Indonesia semakin melejit. Di triwulan pertama 2012, investasi Jepang mencapai 0,6 Miliar atau sekitar 11 persen dari jumlah investasi total. Tahun lalu, investasi jepang hanya 345,2 Juta Dollar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengungkapkan Jepang banyak melakukan ekspansi di sektor otomotif. Berlakunya peraturan Bank Indonesia tentang uang muka kredit kendaraan otomotif yang makin ketat diperkirakan tidak berdampak banyak pada investasi.

"Semestinya tidak perlu mengganggu karena pada dasarnya investasi itu bertujuan agar perekonomian kita stabil sehingga tak perlu ada kebijakan yang bertabrakan," ujar Gita saat jumpa pers, Senin (23/4).

Selain Jepang, Korea Selatan juga termasuk negara yang investasinya melejit di triwulan pertama 2012. Hingga bulan Maret, BKPM mencatat investasi Korsel di Indonesia mencapai 0,5 Miliar Dollar atau 8,9 persen dari investasi PMA.

Perusahaan Korsel Hankook juga tengah menambah investasi untuk produk ban mobil. Adanya investasi dari Hankook yang pembangunan pabriknya diperkirakan selesai pada November 2012 akan menambah kapasitas produksi mobil hingga 500 ribu unit selama tiga tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement