Rabu 11 Apr 2012 15:00 WIB

Inilah Empat Kompetensi Pengelolaan SDM Berbasis Syariah

Rep: Gita Amanda/ Red: Heri Ruslan
Gadai emas di BRI Syariah
Foto: antara
Gadai emas di BRI Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SDM yang berkualitas merupakan salah satu faktor pendukung berkembangnya perbankan syariah di Indonesia. Eka B Danuwirana, vice president Bank Syariah Mandiri membagi tips untuk mengelola SDM berbasis syariah, dalam acara HR Syariah Summit yang digelar Republika.

Inilah empat kompetensi pengelolaan SDM berbasis syariah:

Functional Competency

Kemampuan SDM yang berkaitan dengan background dan keahlian dasar di bidang ekonomi syariah, operasional bisnis syariah, administrasi keuangan syariah, dan analisa keuangan syariah.

 

Behavior  competency

Kemampuan SDM untuk bertindak efektif, memiliki semangat (ghirah) syariah, fleksibel dan rasa ingin tahu yang tinggi serta berorientas pada hasil yang sempurna.

Role Competency

SDM yang mampu memberikan kontribusi positif sesuai peran dalam perusahaan, cepat menangkap perubahan dan mampu membangun hubungan dengan yang lain.

Core Competency

SDM yang memiliki pandangan dan keyakinan yang sesuai dengan visi, misi, makna dan values serta budaya perusahaan (bisnis syariah).

Eka menambahkan, untuk mendapatkan SDM yang baik jangan terpaku pada universitas calon karyawan. Tapi lebih fokuskan pada apa yang dibutuhkan perusahaan. "Jangan terbuai nama besar perguruan, tapi sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan." tambah Eka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement