Kamis 29 Mar 2012 15:53 WIB

Terbang ke Cina, Tim Cook Tengok Pabrik Foxconn

Tim Cook menengok pabrik Foxconn, Cina, tempat di mana iPhone dirakit.
Foto: iFeng
Tim Cook menengok pabrik Foxconn, Cina, tempat di mana iPhone dirakit.

REPUBLIKA.CO.ID, CEO Apple, Tim Cook, tengah melawat ke Cina untuk beberapa saat, di mana ia bertemu dengan pejabat perusahaan di salah satu operator mobile terbesar di negara itu, China Telecom dan China Mobile. China Telecom ialah satu perusahaan yang telah menjual iPhone di negara tirai bambu itu.

Ia juga sempat menengok salah satu pabrik di mana para iPhone dirakit, Foxconn. Seperti dilansir oleh Bloomberg, Cook datang ke pabrik Foxconn Zengzhou Technology Park, di mana terdapat 120 ribu pekerja. Beberapa pekerja itu merakit iPhone.

Apple telah memicu sejumlah kritik dalam beberapa pekan terakhir terkait kontroversi lingkungan pabrik Foxconn, di mana produk perusaah teknologi itu dibuat.

Apple mencoba meyakinkan pada publik telah melakukan upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut dan menerbitkan laporan tahunan mengenai apa yang mereka temukan dalam kunjungan mereka.

Cook telah mengunjungi Foxconn sebelumnya, termasuk pada 2010 lalu, saat muncul laporan mengganggu yang menyebut pekerja Foxconn melakukan aksi bunuh diri karena depresi.

Anehnya, CEO Facebook, Mark Zuckerbeg pun dikabarkan tengah berada di Cina saat ini. Namun sepertinya Mark murni berlibur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement