Rabu 01 Feb 2012 11:51 WIB

Dahlan : Pegadaian tak Jadi IPO Demi Rakyat Kecil

Dahlan Iskan
Foto: Republika
Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - Pemerintah memastikan pembatalan rencana penawaran saham kepada publik (IPO) PT Pegadaian, selain karena perusahaan memiliki pendanaan yang cukup kuat juga demi melayani masyarakat kecil.

"Pegadaian tidak jadi IPO, perusahaan ini memiliki kinerja keuangan yang sangat bagus sehingga tidak perlu mencari dana dari publik," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Jakarta, Rabu (1/2).

Menurut Dahlan, Pegadaian tidak dimasukkan dalam daftar privatisasi melalui pola IPO karena perusahaan ini mengemban misi pendanaan masyarakat kecil. "Nasabah Pegadaian ada juga orang-orang kaya, namun lebih banyak itu masyarakat berpenghasilan kecil," ujarnya.

Ia menjelaskan rencana IPO Pegadaian ditinjau ulang, dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyetujui untuk tidak melanjutkannya.

"Jika Pegadaian IPO maka orientasi direksi adalah menaikkan harga saham yang bisa-bisa mengakibatkan harga gadai mahal. Kalau laba naik terus bunganya akan tinggi, kan kasian masyarakat kecil yang menggadaikan barang kalau bunganya tinggi," ujarnya.

Menurut catatan, Pegadaian pada 2012 menargetkan pembiayaan sekitar Rp110 triliun, dengan perkiraan laba bersih sebesar Rp2,2 triliun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement