Ahad 08 Jan 2012 15:23 WIB

Di 2012, Ekonomi Amerika Diprediksi Lebih Sulit

Rep: devi anggraini oktavika / Red: M Irwan Ariefyanto
white house
Foto: ap
white house

REPUBLIKA.CO.ID,Di 2012, LONDON --  Kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) di 2012 diprediksi akan semakin sulit. Bahkan tak hanya itu, diramalkan kondisi ini lebih buruk dibandingkan sepuluh tahun terakhir. Hal itu disampaikan kanselir Jerman Angela Merkel. "2012 akan menjadi masa yang lebih sulit daripada 2011," ujar Merkel, wanita yang kini menjadi politisi paling penting di Eropa itu, seperti dikutip blog ekonomi The Economic Collapse.

Yang menyedihkan, menurut blog tersebut, kebanyakan orang Amerika tidak memahami seberapa penting Eropa dan seberapa terhubungnya sistem keuangan global saat ini. "AS sesungguhnya memiliki populasi dan perekonomian yang lebih kecil dari Uni Eropa. Dan faktanya, Uni Eropa memiliki ekonomi yang hampir sama besar dengan gabungan perekonomian AS dan Cina. Selain itu, sistem perbankan Eropa jauh lebih besar daripada sistem perbankan AS," tulis blog itu.

Blog tersebut menambahkan, siapapun yang tidak mempercayai bahwa kejatuhan ekonomi Eropa akan memberikan dampak bahaya bagi ekonomi AS akan hidup dalam dunia fantasi. "Orang Amerika sebaiknya mulai memperhatikan apa yang sedang terjadi, karena kita akan diserang secara serentak oleh sebuah tsunami ekonomi masif yang berasal dari Eropa."

Selain Angela Marker, sejumlah tokoh lain memberikan pernyataan serupa tentang buruknya tahun 2012 bagi perekonomian. Salah satunya adalah chief equisity strategist Citigroup, Tobias Levkovich, yang mengatakan Eropa akan  mengalami sebuah resesi yang berarti pada 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement