Rabu 21 Dec 2011 07:16 WIB

Tahun 2011, Pasar Ritel Indonesia Tumbuh 11 Persen

Ketua Aprindo, Pudjianto.
Foto: Republika/Fachrul Ratzi
Ketua Aprindo, Pudjianto.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Pertumbuhan pasar ritel Indonesia menunjukan tren positif. Sepanjang tahun ini, pasar ritel Indonesia tumbuh 11 persen.

"Pertumbuhannya sangat bagus, tapi memang sangat dipengaruhi inflasi dan daya beli masyarakat," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Pudjianto saat berbincang dengan republika.co.id, Selasa (20/12) malam.

Menurut Pudjianto, sektor makanan dan personal care (produk kecantikan dan lainya) menyumbang cukup besar dari pertumbuhan pasar retail Indonesia. Sumbangsihnya mencapai 14 persen.

"Dua item ini memang dipengaruhi daya beli masyarakat yang terus meningkat. Apalagi pendapatan per kapita Indonesia sebesar tiga ribu dolar AS sudah mencapai target yang diprediksi Badan Program Pembangunan PBB (UNDP)," ungkap dia.

Meningkatnya kelas menengah ini, kata Pudjianto, akan mengerek pertumbuhan pasar ritel di 2012 mendatang. "Saya optimistis, di masa depan pertumbuhan ritel akan terus berkembang dan berkembang. Tinggal bagaimana pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mendorong pertumbuhan sektor ritel," kata Pudjianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement