Kamis 06 Oct 2011 11:51 WIB

Sulawesi Menuju Basis Pangan RI

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah segera mewujudkan Pulau Sulawesi menjadi basis pangan Indonesia. Hal itu membuat produksi pangan tidak lagi mengandalkan produksi dari Pulau Jawa. Sulawesi dijadikan basis pangan karena sudah surplus beras.

"Kita juga ingin menjadikan Sulawesi sebagai basis pangan. Kita pengen surplus lima juta beras dari sana," kata Ketua Koridor Sulawesi dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Fadel Muhammad usai Rakor di Kemenko Perekonomian.

Dia mengatakan, pemilihan Sulawesi menjadi basis pangan membuat Indonesia tidak perlu kuatir kekurangan beras. Saat ini, proyek masih terkendala renegosiasi lahan yang tumpang tindih. Peresmian proyek di koridor Sulawesi segera dilakukan oleh Presiden.

Selain menjadi lokasi basis pangan, Sulawesi juga akan menjadi tempat pembangunan rel kereta api sepanjang 2.000 kilometer Sulawesi utara ke selatan. "Sudah ada yang mau mendanani dari Rusia," kata Fadel.

Dia menambahkan, nilai investasi belum final. Menurut Fadel, desain perencanaan proyek sudah siap. "Kita prioritaskan mereka yang ada di sekitar lahan rel kereta,untuk membangun industri pertanian," katanya.

 

Kisaran investasi total proyek MP3EI di Sulawesi Rp 2.400 triliun. Fadel mengatakan, selama ini Sulawesi hanya fokus produksi pangan saja, tapi tidak diolah, misalnya kakao yang 60 persen tidak diolah, hanya produksi biji saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement