Kamis 29 Sep 2011 20:21 WIB

PT KAI Rintis Layanan Pemesanan Tiket Melalui Rail Box

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--PT Kereta Api Indonesia meluncurkan produk layanan penjualan tiket 'Rail Box" yakni mesin yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket KA secara langsung.

"Tahap awal layanan rail box ini untuk melayani penumpang KA Argo Parahyangan Bandung - Jakarta dan sebaliknya, efektifnya mulai Senin (3/10)," kata Direktur Komersial PTKA Sulistyo Wimbo Hardjito di Bandung, Kamis.

Mesin pemesanan tiket KA itu cara kerjanya menyerupai Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Untuk sementara pemesanan tiket itu hanya bisa digunakan oleh pelanggan yang memiliki kartu prepaid Bank BNI.

Pemesanan tiket online sistem baru ini merupakan kerjasama antara PTKA dengan Bank BNI, namun ke depannya dimungkinkan pemesanan tiket juga dilakukan oleh pemegang kartu prepaid bank lainnya.

"Pemesan tinggal memasukan kartu prepaid BNI, kemudian memencet tombol. Selanjutnya akan keluar tiket lengkap dengan nomor kursi di kereta. Seorang pemesan dibatasi maksimal untuk empat tempat duduk," kata Wimbo.

Untuk sementara, rail box tersebut akan digunakan di 10 titik strategis, selain di Bank BNI juga di stasiun dan di pusat perbelanjaan strategis.

Tujuannya, kata Wimbo adalah untuk mempermudah pelanggan mendapatkan tiket KA. Selama ini kemudahan pemesanan tiket bisa dilakukan secara online maupun di beberapa counter dengan bekerjasama dengan perbankan, Kantor Pos maupun biro perjalanan.

"Tahap pertama layanan pemesanan tiket rail box ini untuk calon penumpang KA Argo Parahyangan, bila layanan ini efektif maka akan dikembangkan untuk beberapa KA komersial lainnya. Rail box sementara untuk tiket KA komersial," ka Direktur Komersial PTKA itu menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement