REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Mandiri menggaet PT Modern Putra Indonesia (7-Eleven) guna memperluas jaringan elektronik. Selain pemasangan electronic data capture (EDC) Mandiri di outlet 7-Eleven, badan usaha milik negara (BUMN) ini juga bakal menempatkan mesin ATM serta mengelola transaksi keuangan gerai tersebut melalui Mandiri cash management.
Menurut Direktur Commercial dan Business Banking Mandiri, Sunarso, bank tersebut melakukan hal ini guna meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. ''Penguatan jaringan dapat mendorong pertumbuhan transaksi nasabah melalui jaringan elektronik Mandiri sehingga meningkatkan transaksional banking kami,'' katanya Rabu (28/9).
Per Agustus 2011, jaringan elektronik Mandiri telah dilengkapi 8.960 ATM, yang tersambung dengan lebih dari 21 ribu jaringan ATM Link dan 30 ribu jaringan ATM bersama. Mandiri juga memiliki 68.034 EDC.
''Upaya penambahan jaringan terbukti mampu meningkatkan transaksi hingga 30 persen,'' katanya. Mandiri mencatat transaksi jaringan elektronik mencapai 24,85 juta transaksi.
Melalui kerja sama ini ia optimis transaksi elektronik Mandiri bisa meningkat. Pasalnya jumlah transaksi di setiap outlet 7-Eleven mencapai lebih dari seribu transaksi per hari.
''Mandiri juga mengelola transaksi keuangan 7-Eleven dengan layanan cash management, mandiri virtual account dan mandiri cash pick up service,'' ujarnya. Ia berujar ini untuk meningkatkan efisiensi operasional guna mendukung ekpansi usaha gerai makanan tersebut.