Kamis 15 Sep 2011 13:58 WIB

Menko Perekonomian Yakinkan Pelemahan Rupiah Hanya Sesaat

Hatta Radjasa
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Hatta Radjasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pelemahan rupiah terhadap dolar AS hingga mencapai level Rp8.700 merupakan fenomena sesaat karena faktor krisis utang di Eropa.

"Ini saya menyakini sesaat karena tidak berkaitan dengan fundamental ekonomi kita," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15/9).

Hatta mengatakan pelemahan mata uang terhadap dolar AS juga terjadi di negara lain, karena ketakutan atas situasi yang makin tidak menentu di Eropa. "Kita melihat, misalkan Prancis kemungkinan terjadinya kesulitan di sektor perbankannya dan Eropa keseluruhan kesulitan dolar AS," ujarnya.

Selain itu, Hatta melanjutkan penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi Asia oleh Bank Pembangunan Asia (ADB) dari 7,8 persen ke 7,5 persen juga mempengaruhi kondisi pasar modal secara keseluruhan sehingga menimbulkan aksi 'ambil untung' yang diikuti dengan pembelian dolar AS.

"Ada koreksi ADB terhadap pertumbuhan Asia ke bawah, walaupun Indonesia dikoreksi ke atas dimana pertumbuhan kita diprediksi akan lebih dari asumsi. Tapi kemarin di pasar lebih bersifat 'profit taking' yang diikuti pembelian dolar AS," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah dan bank sentral bisa mengantisipasi potensi depresiasi rupiah ini, selain menyiapkan kebijakan sebagai antisipasi terhadap situasi yang terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.

"Yang penting kita jangan 'underestimate' karena kita telah siapkan 'policy respond'. Saya yakin Bank Indonesia bisa mengendalikan dan negara lain mengalami pelemahan juga terhadap mata uangnya, jadi bukan fenomena kita," kata Hatta.

Menurut Hatta, situasi akan kembali 'rebound', karena secara keseluruhan Rupiah masih stabil yang didukung oleh membaiknya kondisi fundamental perekonomian Indonesia. "Saya menyakini itu akan mengalami 'rebound' dan kalau kita melihat dari keseluruhan maka rupiah masih tetap menguat, sekarang Rp8.800. Sebetulnya situasi Rupiah kita masih cukup baik," ujar Hatta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement