Rabu 06 Jul 2011 14:52 WIB

Lewat KKP, Ikan Berkumis Gelar Hari Perayaannya Ketiga Kali

Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad membuka Catfish Day III atau Hari Serba Ikan Berkumis ke-3 di Pekanbaru, Riau pagi ini (6/7). Dalam sambutannya Fadel menekankan pentingnya penguatan komoditas catfish bagi Indonesia.

Selain kenaikan produksinya meningkat pesat dari tahun ke tahun, potensi serapan jenis ikan tersebut di pasar juga sangat menjanjikan. "Selama kurun waktu 2007-2009 saja kenaikan rata-rata produksi komoditas lele dan patin selalu di atas 50 % per tahun," kata Fadel.

Ia optimis produksi patin dan lele Indonesia mampu mencapai 2,7 juta ton pada tahun 2014. Saat ini sebagian besar produksi disalurkan untuk memenuhi pasar domestik.

Segmen pasar ikan berkumis di Indonesia, ujarnya, mulai berkembang hingga kelas menengah atas. Ke depan, pasar ekspor pun sangat potensial.

Untuk memperkuat produksi dan pemasaran patin dan lele, Catfish Day menjadi ajang diseminasi teknologi, temu bisnis, penguatan jejaring distribusi, sekaligus promosi pada konsumen. Selama dua hari ke depan, gelar ini diisi dengan seminar, forum bisnis, lomba dan demo masak, bazar. Khusus bagi peserta forum bisnis bisa mengikuti field trip ke kawasan Minapolitan Kampar.

Acara yang diadakan tiap tahun sejak 2009 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini sebelumnya diadakan di Yogyakarta dan Surabaya.

Lele dan patin merupakan dua komoditas unggulan dalam konsep Minapolitan Budidaya. Sekarang KKP gencar memperbaiki sektor hulu dan hilir dari komoditas catfish tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement