Kamis 26 May 2011 20:57 WIB

Ingin Berinvestasi Meski Gaji Kecil, Kenapa tidak?

Rep: Agung Sasongko/ Red: Johar Arif
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gaji kecil bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Justru sebaliknya, berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Apalagi seiring sejalan kebutuhan terus meningkat. Karena itu, tak salah bisa menyisihkan sekian persen dari pendapatan untuk diinvestasikan.

“Gaji kecil tidak masalah, karena investasi tidak mengenal batasan modal,” papar Head of Investment CIMB Sun Life, Beby Lesmana kepada Republika.co.id, di sela Investment Workshop for Journalist yang diadakan CIMB Sun Life, di Jakarta, 26 Mei 2011.

Dikatakan Beby, bergaji kecil semisal Rp 2 juta rupiah per bulan memungkinkan seseorang bisa berinvestasi. Seperti, menanam saham. Pertimbangannya, kata Beby, pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 6.46 persen membuat investor tak segan menanamkan modalnya di Indonesia.

Investasi saham saat ini, kata dia, merupakan instrumen yang menarik untuk dipilih, karena memiliki prospek yang masih bagus dan menjanjikan. “Kalau punya alokasi budget semisal 2 juta rupiah, bisa disisihkan sekitar 500 ribu untuk invest dalam bidang apa pun misalnya, retail. Kalau dikumpulkan dalam jangka panjang bisa berjumlah besar,” kata dia.

Berbicara soal sektor potensial untuk berinvestasi, Beby mengatakan saat ini pertumbuhan ekonomi nasional banyak di sokong sektor konsumsi. Karena itu, saham di perusahaan yang bergerak di sektor konsumsi akan baik sahamnya. Selain itu, sektor perbankan juga memiliki prospek yang bagus untuk dibelli oleh masyarakat. Karena perbankan masih mengucurkan kredit ke masyarakat.

Meski berprospek, Beby mengingatkan agar jangan menjadikan saham sebagai wadah investasi untuk waktu jangka pendek. Sebab, investasi jangka pendek hanya membuat resiko rugi semakin besar. Menurut dia, wadah investasi untuk individu bergaji kecil adalah deposito atau reksadana. Dia mengatakan baik deposito atau reksana dana sangat aman. “Deposito cenderung aman, namun bunganya kecil, tapi cukuplah untuk biaya pernikahan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement