Jumat 18 Mar 2011 17:44 WIB

Menkop: KUKM Indonesia Siap Bantu Pemulihan Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, menyatakan gerakan koperasi dan pelaku UKM di Indonesia siap membantu proses pemulihan Jepang pasca-gempa dan tsunami pekan lalu.

"KUKM kita akan dorong untuk membantu Jepang dalam rangka pemulihan pasca-bencana," kata Menteri Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sangat prihatin dengan bencana hebat yang terjadi di Jepang pekan lalu. Menteri berharap, rakyat Jepang tidak menyerah dan dapat sesegera mungkin pulih serta kembali beraktivitas seperti sediakala. "Jangan berpikir pasar kita ke Jepang bagaimana dulu, yang jelas biarkan hukum pasar berlaku. Kita harus berempati kepada mereka," katanya.

Pihaknya menyatakan siap mendorong pelaku KUKM di Indonesia untuk membantu Jepang dalam rangka proses pemulihan. "Namun itu juga bukan berarti kita memanfaatkan kesempatan di atas penderitaan masyarakat Jepang," katanya. Jepang merupakan salah satu tujuan ekspor yang potensial bagi produk UKM Indonesia.

Beberapa pelaku UKM salah satunya di Jawa Timur telah mengeluhkan terhentinya order dari Jepang pasca-bencana yang terjadi di negara itu. Menteri mengajak pelaku UKM untuk turut serta berempati kepada masyarakat Jepang dan mengajak mereka untuk selalu siap membantu sesuai kebutuhan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement