Sabtu 06 Nov 2010 04:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Melemah, Menko Perekonomian Tetap Optimistis Target Tercapai

Rep: Teguh Fimansyah/ Red: Budi Raharjo
Hatta Rajasa
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Meski ada pelemahan  secara year on year, dari 6,2 persen triwulan II menjadi 5,9 persen pada triwulan III namun Menko Perekonomian Hatta Rajasa optimis target pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai 6 persen. 

"Saya masih optimis pada kuartal IV akan tumbuh, diatas 6 persen sehingga rata rata bisa diatas enam persen nanti," ujar Hatta, Jumat (5/11).

Harus diakui, kata Hatta, jika dibandingkan dengan kuartal II ini pertumbuhan memang mengalami perlambatan. Ini lebih karena ada sedikit pelemahan di sektor Industri dan Pertanian. "Walaupun ekspor naik," katanya. .

Menurutnya  pada kuartal III  pertumbuhan lebih didorong oleh ekspor dan konsumsi masyarakat. Untuk  kuarta ke IV, lanjut Hatta,  diharapkan akan tumbuh melalui ekspor,investasi  dan  belanja masyarakat sebagai pendorong utama. "Investasi kita kan meningkat cukup tajam. Tetapi belum terasa, mungkin kuartal ke IV atau awal tahun 2011," jelas mantan Mensesneg itu.

Adapun soal belanja pemerintah, Hatta mengklaim  kini memang tengah dilakukan penghematan.  "Kan kita sudah mulai akan melakukan penghematan. kita menginginkan  kedepan ini road map belanja kita banyak untuk belanja modal," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement