Jumat 27 Aug 2010 16:25 WIB

Harga Minyak Dunia Melonjak Jadi 75 Dolar AS

Kilang minyak
Kilang minyak

REPUBLIKA.CO.ID,Harga minyak dunia melonjak menjadi 75 dolar pada Kamis, menyusul  berita tentang penurunan klaim tunjangan pengangguran di Amerika Serikat.

Seperti dilaporkan AFP, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober naik 1,52 dolar menjadi 75,00 dolar per barel pada perdagangan sore di London. Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Oktober, melompat 98 sen menjadi 73,50 dolar.

Data Departemen Tenaga Kerja AS, Kamis menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran selama seminggu hingga 21 Agustus turun menjadi 473.000 dari angka revisi minggu sebelumnya 504.000.

Angka terakhir lebih baik dari ekspektasi sebagian ekonom yaitu 485.000. Analis memperingatkan bahwa posisi yang mendasari hal itu  masih lemah.

Gene McGillian, analis pada konsultan energi yang berbasis di AS, Tradition Energy, mengatakan kondisi ekonomi masih suram.

"Gambar fundamental (di Amerika Serikat) terus tetap benar-benar lemah," kata dia. Minyak juga mendapat dorongan dari kenaikan pasar saham Eropa dan dolar yang lemah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement