Jumat 20 Aug 2010 01:44 WIB

Jepang Siap Berinvestasi Bidang Perkeretaapian di Kalteng

Rep: Teguh THR/ Red: Siwi Tri Puji B
ilustrasi
Foto: reference.findtarget.com
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Investor Jepang berminat untuk membangun rel kereta api di Kalimantan Tengah. Pembangunan rel tersebut dimaksudkan untuk memperlancar jalur transportasi di Kalimantan Tengah.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah telah mengantongi komitmen investor Jepang, Itochu Corparation, untuk membangun rel kereta api di Kalimantan Tengah senilai 2 miliar dolar AS.

"Dengan akan dibangunnya rel kereta maka bisa mengolah atau mengangkut semua komoditi yang selama ini sangat mahal angkutannya," ucap Hatta usai memimpin rapat kordianasi tentang tata ruang Kalimantan Tengah, Kamis (19/8).

Tidak hanya itu, menurutnya, pembangunan jalur kereta itu juga ditujukan sebagai penunjang rencana pendirian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kalimantan Tengah. Ketika ditanya kepastian lokasi KEK , Hatta belum dapat memastikan.

"Itu yang sedang dibicarakan oleh daerah. Sekarang ini masih dibahas, muaranya itu kemana, masih ada alternatif, ada yang minta ke timur dan selatan. Kalau ke selatan itukan jadi kawasan pelabuhan yang langsung samudra. Disitulah nanti akan dikembangkan suatu kawasan industri," papar Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement