Kamis 19 Aug 2010 00:51 WIB

Menteri ESDM: Kenaikan TDL 2011 untuk Penuhi Kebutuhan Listrik Nasional

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah berkilah wacana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) pada 2011 tak lepas dari rencana untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Darwin Zahedy Saleh menyatakan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional saat ini diperlukan pasokan listrik sekitar 3.000 MW per tahun. Untuk itu, lanjut Darwin, diperlukan investasi dalam rangka meningkatkan jaringan distribusi kelistrikan maupun pemeliharaan.

''Dikarenakan kemampuan keuangan PLN serta terbatasnya anggaran negara maka kebutuhan investasi tersebut perlu dipikul bersama khususnya kepada bagian masyarakat yang mampu,'' kata Darwin seperti dilansir situs resmi Kementerian ESDM, Rabu (18/8). "Kami Pemerintah akan sangat hati-hati dalam memformulasikan penyesuaian TDL yang dimaksud pada waktunya."

Menurut Darwin, penyesuaian TDL diperlukan untuk meningkatkan kemampuan PLN dalam rangka melistriki 19 juta kepala keluarga (KK) atau sekitar 34-35 persen. ''Khususnya masyarakat di wilayah Indonesia Timur yang belum teraliri listrik,'' kata Darwin.

Kenaikan permintaan listrik kata dia diperkirakan mencapai 7,5-9 persen per tahun, sementara kemampuan peningkatan kapasitas listrik hanya sekitar 3,5-4 persen. ''Karena itu dibutuhkan investasi yang besar agar kebutuhan permintaan listrik masyarakat dapat terpenuhi dan tidak terjadi defisit listrik,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement