Kamis 22 Jul 2010 18:04 WIB

Bernanke Peringatkan Prospek Ekonomi 'tak Pasti

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Ketua Federal Reserve Ben Bernanke pada Rabu memperingatkan prospek ekonomi terbesar dunia tetap "tidak pasti", tetapi mengatakan bank sentral bisa mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pemulihan.Dalam kesaksian di Senat, Bernanke mengatakan ekonomi akan melihat hanya "pertumbuhan moderat, penurunan bertahap di tingkat pengangguran, dan inflasi melunak dalam beberapa tahun mendatang."

Komentarnya memulai dua hari dengar pendapat di Kongres, yang sangat dibagi mendalam atas bagaimana untuk menangani pengangguran tinggi dan pemulihan yang rapuh. Menggarisbawahi keparahan krisis, Bernanke memperingatkan bahwa pekerjaan sektor swasta telah tumbuh di "kecepatan yang cukup untuk mengurangi tingkat pengangguran material."

Dengan pengangguran sebesar 9,5 persen berjalan dan di tengah ketakutan akan resesi "double dip", Bernanke berada di bawah tekanan untuk lebih merangsang pemulihan. Menanggapi permintaan tersebut, Bernanke mengatakan The Fed "siap untuk mengambil kebijakan lebih lanjut tindakan yang diperlukan."

Ini adalah perubahan yang cepat bagi bank sentral, yang hanya beberapa bulan yang lalu membahas bagaimana langkah-langkah penyelesaian krisis yang telah meninggalkan Fed dengan lebih dari satu triliun dolar dalam aset. Tapi karena teriakan telah berkembang untuk kontak-ulang daripada strategi keluar, keraguan juga meningkat mengenai apakah Fed punya anak panah yang tersisa di tempat anak panah.

The Fed memiliki sedikit ruang untuk memotong suku bunga yang sudah rendah sepanjang sejarah dan kekhawatiran tentang defisit AS melonjak akan membuat membeli aset lebih dalam tidak populer. Namun Bernanke menegaskan The Fed dapat bertindak jika diperlukan.

"Kami masih memiliki pilihan," katanya menguraikan empat langkah yang bisa membantu merangsang pertumbuhan, termasuk membeli aset baru dan menurunkan suku bunga secara selektif. Tapi komentarnya muncul untuk menawarkan bantuan kecil kepada investor.

"Meskipun pandangan telah menjadi lebih pasti, Fed tidak merubah sikap kebijakandalam mendukung akomodasi lebih lanjut," kata Michael Gapen dari Barclays Capital. "Kami tidak menerima sinyal kebijakan dari ini."  Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 100 poin, atau lebih dari satu persen, karena Bernanke membuat sambutan pembukaannya.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement