Sabtu 10 Jul 2010 02:14 WIB

Dana IPO Evergreen Buat Lunasi Utang

Rep: C03/ Red: Budi Raharjo
Bursa Efek Indonesia
Foto: Andika Wahyu/Antara
Bursa Efek Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Evergreen Invesco Tbk memperoleh dana dari hasil penjualan sahamnya di lantai bursa sebesar Rp 210 miliar. Dana itu sekitar 30 persen atau Rp 70 miliar akan digunakan perseroan untuk melunasi utang kepada Penzoil Enterprises Ltd.

Direktur Utama Evergreen, Johanes Wahyudi Edward, mengatakan sebenarnya jatuh temponya utang itu masih lama. Namun dia berencana melunasi semuanya. ''Selain itu, perseroan juga akan menganggarkan sebesar Rp 120 miliar untuk setoran modal melalui peningkatan kepemilikan saham di anak usaha perseroan PT Tristate Indonesia,'' katanya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (9/7).

Johanes menambahkan, setoran modal tersebut nantinya akan digunakan oleh PT Tristate Indonesia untuk pembelian mesin pemintalan benang dan pembelian bahan baku dimana setelah setoran modal tersebut, kepemilikan saham perseroan di PT Tristate Indonesia tetap 99,8 persen. ''Karena anak perusahaan perseroan tersebut akan mengembangkan usahanya dari yang selama ini hanya pemintalan benang dari serat sintetis menjadi penambahan pemintalan serat alam,'' jelasnya.

Emiten sektor perdagangan umum ini berharap, pembelian mesin pemintalan benang serat alam itu akan meningkatkan marjin. ''Mesin yang akan dibeli dari Cina dan Italia,'' sebut Johanes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement