Selasa 08 Jun 2010 02:12 WIB

Masyarakat Mulai Lirik Bioplastik

Rep: C15/ Red: Budi Raharjo
Sampah plastik, ilustrasi
Sampah plastik, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kecenderungan masyarakat dalam menggunakan bioplastik meningkat. Direktur PT Wahana Kemalaniaga Makmur, Rini Sumardi, mengatakan penggunaan bioplastik merupakan salah satu tren di industri plastik ke depannya.

''Tren ini didorong kesadaran global akan efisiensi energi dan konservasi sumber daya,'' jelasnya kepada wartawan dalam konferensi pers K 2010, di Jakarta, Senin (7/6).

PT Wahana Kemalaniaga Makmur adalah mitra penyelenggara K 2010, pameran dagang industri plastik dan karet terbesar di dunia. Dalam pameran itu akan dihadirkan presentasi peserta pameran bermotto 'Visions In Polymers', termasuk tren penggunaan bioplastik. Bioplastik adalah sintesis senyawa menengah yang dihasilkan dari bahan-bahan alami.

Rini melanjutkan, menurut studi organisasi Freedonia yang berbasis di Ohio, Amerika Serikat, tren peningkatan penggunaan bioplastik akan mendorong konsumsi di seluruh dunia menjadi 900 ribu ton dengan nilai 2,6 miliar dolar AS pada 2013. ''Dalam waktu lima tahun setelah itu, konsumsi akan meningkat menjadi 5 miliar juta dolar,'' paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement