Selasa 18 May 2010 00:34 WIB

Euro Sentuh Level Terendah

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Euro jatuh ke titik terendah dalam empat tahun terakhir pada perdagangan Senin di Tokyo.  Kekhawatiran persisten atas utang zona euro terus memukul mata uang tunggal dan pasar saham regional.Euro jatuh ke nilai  1,2243 dolar di Tokyo dari 1,2358 di New York pada hari Jumat.

Paket penyelamatan besar-besaran sejak gagal meyakinkan pasar, dengan prospek pertumbuhan di Eropa dibayang-bayangi langkah-langkah "ikat pinggang" yang diumumkan oleh Spanyol, Portugal, Italia, dan Perancis. Sentimen masih rapuh walaupun paket penyelamatan Uni Eropa-IMF senilai hampir satu triliun dolar dirancang untuk mencegah krisis Yunani dari penyebaran, dengan kekhawatiran bahwa mata uang tunggal yang beresiko runtuh.

Kekhawatiran itu berimbas pada perdagangan saham di Tokyo yang turun 1,98 persen lebih rendah. Sydney turun 2,44 persen dan Seoul mengalami hal yang sama dengan angka 1,66 persen. Singapura 1,95 persen lebih rendah.

Di Wall Street, kondisi setali tiga uang, bahkan sejak pekan lalu. Pada Jumat, saham di bursa itu jatuh 1,51 persen akibat kekhawatiran meningkat bagi kesehatan zona euro.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement