Jumat 07 May 2010 21:50 WIB

Rupiah Pagi Merosot

JAKARTA--Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi (7/5) merosot mendekati Rp9.300 per dolar, karena pelaku menjual rupiah untuk membeli dolar menyusul membaiknya mata uang asing itu di pasar regional.

Dolar AS menguat terhadap semua mata uang Asia, karena pelaku pasar asing merasa lebih nyaman memegang dolar ketimbang rupiah, akibat kekhawatiran mereka terhadap krisis keuangan yang terjadi di kawasan Eropa, kata Analis Panin Capital, Banyu Aji di Jakarta, Jumat.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah 95 poin menjadi Rp9.265-Rp9.275 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.080-Rp9.090.

Ia mengatakan, terpuruknya rupiah diawali oleh kekhawatiran atas krisis utang yang terjadi di Yunani yang terus merembet ke pasar Eropa lainnya seperti Portugal dan Italia.

Pelaku pasar melihat kondisi ini kemudian segera melepas rupiah dan membeli dolar dalam jumlah besar, sehingga rupiah terus merosot mendekati Rp9.300 per dolar, ucapnya.

Rupiah diperkirakan akan makin terpuruk karena tekanan pasar makin kuat, karena itu Bank Indonesia diharapkan akan masuk pasar melakukan intervensi dengan melepas cadangan devisa.

"Kami optimis BI akan masuk pasar sesuai dengan fungsinya menjaga rupiah agar tidak berfluktuasi secara cepat," katanya.

Merosotnya rupiah, menurut dia juga sedikit banyak dipengaruhi pengunduran diri Sri Mulyani Indrawati dari jabatan sebagai Menteri Keuangan, karena pelaku pasar khawatir akan terjadi kemerosotan terhadap pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement