Senin 03 May 2010 23:03 WIB

Minapadi Mampu Tingkatkan Produksi Lahan

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad
Foto: M Syakir/Republika
Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad

JAKARTA--Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, menyatakan dalam rangka meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan petani dan terciptanya ketahanan pangan, gerakan usaha budi daya minapadi merupakan usaha terpadu yang dapat meningkatkan produktivitas lahan sawah. ''Dalam kegiatan ini, petani selain melakukan panen padi, juga memperoleh ikan,'' ujarnya pada acara penaburan benih ikan di lahan minapadi di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB), Karawang, Jawa Barat, Senin (3/5).

Menurut Fadel, kegiatan usaha pertanian melalui sistem minapadi ini merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan potensi lahan sawah irigasi dan peningkatan pendapatan petani. ''Minapadi merupakan salah satu strategi yang telah lama dilakukan petani, dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian,'' jelasnya.

Pola usaha minapadi, lanjut Fadel, disamping dapat meningkatkan produktivitas lahan, juga dapat meningkatkan keragaman hasil pertanian, meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan kesuburan tanah dan air, juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi. ''Untuk itu para petani diminta menggunakan jenis padi unggul sesuai dengan kondisi lahan sawah dan pemilihan jenis ikan unggul pula dengan daya serap dan nilai ekonomis tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatannya,'' imbuhnya.

Dirjen Perikanan Budi daya, Made L Nurdjana, menambahkan dalam minapadi disamping para petani memanfaatkan berbagai jenis ikan yang sudah biasa ditanam di sawah (ikan mas, tawes, nilem, nila) juga dapat dikembangkan udang galah yang mempunyai harga jual lebih tinggi dibanding ikan. ''Pemilihan jenis ikan tersebut didasari beberapa faktor, seperti volume air, ketersedian benih, pakan, pasar, dan kebiasaan petani,'' jelasnya.

Disebutkan, dalam usaha pertanian pola minapadi, keberadaan lahan sawah menjadi lebih subur dengan adanya kotoran ikan yang mengandung berbagai unsur hara sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk. Selain itu, kehadiran ikan juga dapat membatasi tumbuhnya tanaman lain yang bersifat kompetitor terhadap padi dalam pemanfaatan unsur hara sehingga dapat juga mengurangi biaya penyiangan tanaman liar.

Jangka waktu usaha minapadi dilakukan dalam 2 pola tanam. Pertama, pola tanam penyelang, yaitu pemeliharaan ikan di sawah dilakukan menjelang penanaman padi, sambil menunggu hasil semaian padi ditanam. Kedua, pola tanam tumpang sari, yaitu pemeliharaan ikan bersama padi pada satu hamparan sawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement