Jumat 27 Jan 2023 21:40 WIB

Bermula dari Game Hingga Rintis Usaha Beromzet Puluhan Juta

Rifqy tak mengira hobi main game yang dilakoninya berbuntut cuan

Seorang pria memainkan game online, (ilustrasi). Berawal dari main-main, bisnis jasa top up game online hasilkan omzet puluhan juta.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Seorang pria memainkan game online, (ilustrasi). Berawal dari main-main, bisnis jasa top up game online hasilkan omzet puluhan juta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Rifqy Abdillah awalnya tak mengira, hobi main game yang ia lakoni berbuntut cuan. Bermodalkan Rp 500 ribu, Rifqy menawarkan jasa top up game melalui situs xcashshop yang dimilikinya.

"Iseng saja awalnya untuk mengisi waktu luang. Modal awal hanya Rp 500 ribu. Alhamdulillah sekarang omzet per bulannya Rp 80 juta," ucap Rifqy.

Perjalanan sukses Rifqy dimulai pada 2019. Dia melayani top up berbagai game, diantaranya Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile dan Sausage Game. Top up game sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh gamer untuk mengisi ulang sejumlah dana agar bisa melakukan transaksi dalam game.  

Promosi digencarkan Rifqy melalui Instagram dan Tiktok. "Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali, semuanya terasa mudah," ungkap Rifqy, seperti dalam siaran persnya.

 

Industri game online yang tengah tumbuh subur di Indonesia saat ini memang memberikan berkah tersendiri bagi Rifqy. Hanya butuh setahun untuk usaha jasa top up gamenya dikenal dan dipercaya para gamer. Modal yang awalnya Rp 500 ribu pun mendatangkan keuntungan berkali lipat.

Meski bisnis serupa menjamur, Rifqy tidak tak khawatir. Ia tak menganggap rekan-rekannya sebagai pesaing. "Menurut saya tidak ada pesaing. Tetap berpikir positif saja dan terus berinovasi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement