REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bencana alam yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir telah menyebabkan kerusakan besar pada pemukiman warga, khususnya banjir yang melanda pulau Sumatera.
Bencana yang terjadi di tiga provinsi tersebut merusak fasilitas umum seperti jembatan, jalan lintas provinsi, rumah sakit hingga kurangnya sandang dan pangan bagi para korban terdampak. Sebagai bentuk kepedulian, Archipelago, manajemen hotel terbesar di Asia Tenggara menyalurkan bantuan tanggap darurat senilai total Rp 360 juta.
Bantuan ini diberikan kepada masyarakat terdampak bencana alam di Sumatera dalam bentuk logistik bantuan kemanusiaan. Bantuan itu mencakup kebutuhan dasar dan perlengkapan tanggap darurat, antara lain makanan kaleng, mi instan, air mineral dalam kemasan, susu kemasan, linen, handuk, perlengkapan kebersihan, bantal, hand sanitizer, popok bayi, pembalut, pompa air, serta kebutuhan penting lainnya.
“Kami sangat prihatin atas dampak bencana yang dialami masyarakat Sumatera. Archipelago berusaha untuk selalu hadir dan memberikan dukungan bagi mereka yang sedang menghadapi masa sulit. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban dan mendukung percepatan pemulihan di wilayah terdampak. Harapan kami, situasi dapat segera membaik sehingga masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan dengan normal," kata John Flood, CEO Archipelago.
Penyaluran bantuan tanggap darurat didukung oleh Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) TNI Angkatan Laut melalui armada kapal laut yang bermarkas di Pelabuhan Tanjung Priok. Armada tersebut digunakan untuk mengirimkan bantuan ke wilayah Sumatra.
Selanjutnya, pendistribusian bantuan dilakukan ke daerah terdampak oleh satuan tugas setempat. Dalam proses pemindahan dan relokasi logistik bantuan, Archipelago juga mendapat dukungan dari Asian Tigers Group sebagai penyedia layanan relokasi internasional.
Upaya kemanusiaan ini turut melibatkan kontribusi dari berbagai mitra lainnya melalui donasi kebutuhan pokok. Beberapa pihak yang terlibat antara lain Polish Investment and Trade Agency, Surya Baru Mandiri, Cynthia Rama Jaya, PT Ara Savis Sejahtera (Savis), Michico, Yulia Mega Hasta, Microclean, King Jaya, Zees, Selena Linen, I Clean, PT Architama Catu Nusa, STC Indonesia, Eco Care, dan Lady Americana. Unit-unit hotel Archipelago di Sumatra Utara turut berperan aktif dalam mendukung penyaluran bantuan kepada masyarakat dan karyawan yang terdampak.
Archipelago berharap kolaborasi antara perusahaan, unit hotel, serta para mitra dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumatra yang sedang berupaya memulihkan kondisi kehidupan mereka. Melalui dukungan yang berkelanjutan, Archipelago berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam membantu masyarakat di berbagai daerah yang membutuhkan.