Rabu 11 Jun 2025 22:44 WIB

Transformasi Digital Perumnas Buka Akses Hunian untuk MBR dan Pekerja Informal

Kolaborasi dan inovasi jadi kunci Perumnas dalam transformasi pemasaran properti.

Warga melihat rumah subsidi di Perumahan Graha Arraya, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jumat (21/2/2025). Perum Perumnas mendukung keberhasilan Program Pemerintah 3 Juta Rumah.
Foto: Republika/Prayogi
Warga melihat rumah subsidi di Perumahan Graha Arraya, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jumat (21/2/2025). Perum Perumnas mendukung keberhasilan Program Pemerintah 3 Juta Rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perum Perumnas mendukung keberhasilan Program Pemerintah 3 Juta Rumah. Perumnas melakukan strategi transformasi pemasaran yang berkelanjutan dan menyeluruh, memadukan kekuatan digitalisasi, peningkatan mutu produk, serta penguatan sumber daya manusia.

Sebagai pelaksana program strategis nasional dan bagian dari realisasi Asta Cita Presiden Republik Indonesia, khususnya dalam hal pemerataan pembangunan dan penguatan perlindungan sosial, Perumnas terus berkomitmen memperluas akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap hunian layak. Hunian subsidi yang saat ini dikembangkan Perumnas memiliki berbagai keunggulan, tidak hanya dari sisi harga yang terjangkau, tetapi juga kenyamanan dan keamanan bagi penghuni.

Baca Juga

Beberapa keunggulan tersebut meliputi sistem cluster dengan satu akses yang dijaga security 24 jam, CCTV, penggunaan smart home, serta jalan yang telah dicor beton. Dengan hal ini, diharapkan Perumnas dapat memperoleh dukungan berupa kuota FLPP yang lebih banyak ke depan.

Direktur Pemasaran Perum Perumnas Imelda Alini Pohan menegaskan berbagai inovasi digital terus dikembangkan. Bersama Blibli, Perumnas menghadirkan online store properti pertama di e-commerce Indonesia yang memungkinkan calon pembeli melakukan simulasi KPR hingga pemesanan unit secara daring. 

Teknologi smart home yang dikembangkan melalui kolaborasi dengan Telkomsel juga telah terintegrasi di ribuan unit hunian untuk memperkaya pengalaman tinggal masyarakat urban.

Untuk memperkuat daya tarik produk, Perumnas terus melakukan peningkatan kawasan melalui revitalisasi lingkungan, integrasi moda transportasi publik (transit oriented development/TOD), serta pengembangan desain hunian kekinian yang mengikuti kebutuhan generasi muda dan keluarga muda Indonesia.

“Transformasi ini menunjukkan bahwa Perumnas tidak hanya membangun rumah, tetapi juga membangun ekosistem kepemilikan hunian terjangkau dan berkelanjutan. Melalui pendekatan ini, Perumnas menegaskan perannya sebagai kontributor perumahan nasional dan mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan hunian yang layak dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat,” lanjut Imelda.

Perumnas hadir sebagai solusi nyata atas kebutuhan masyarakat akan hunian terjangkau. Dengan pendekatan digital yang terintegrasi, kolaborasi dengan berbagai institusi, serta kampanye #GampangPunyaRumah, Perumnas menghadirkan pengalaman baru memiliki rumah yang lebih mudah, cepat, dan inklusif.

Dalam mendukung perluasan akses kepemilikan hunian, Perumnas turut menyambut baik rangkaian program pemerintah dalam menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat. Salah satunya adalah penyediaan hunian bagi pekerja garda terdepan seperti mitra Gojek, petugas PLN, petani pupuk, petugas kesehatan, tenaga pengajar, serta mahasiswa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement